KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

KRP 2012 : PERCUSSION MODULAR

KRP 2012 : PERCUSSION MODULAR

PERCUSSION MODULAR

Setelah beberapa waktu KRP berhibenasi, dan tidak meyelenggarakan workshop di akhir tahun, KRP hadir kembali dengan beberapa nomer modul yang kami buat. Salah satu modul yang menjadi istimewa di mata kami adalah modul perkusi, yang kami buat dalam selama 1 bulan.

Modul ini menghasilkan 7 jenis suara perkusi yaitu : woodblock, clave, synth drum, tom. snare, bass, dan conga. Karakter tiap suara di kontrol oleh sebuah knob yang akan mengatur karakter decay-nya. Tetapi pada suara snare tidak memiliki controler apapun. Secara hasil suara, memang masih banyak kekuaragan dari segi karakter kedekatan bunyi dari bebeberapa jenis suara yang dihasilkan.



SEQUENCER (CV/GATE/TRIGGER)

Perussion modular ini masih menggunakan modul oscillator sebagai sistem kerja dasarnya, tetapi memiliki kompleksitas yang lebih tinggi. Alat ini menggunakan kendali dengan voltase yang di control menggunakan sebuah modul trigger sequencer. Seehingga jika ada voltage (viks) masuk maka akan akan tertrigger dan menghasilkan bunyi sesuai stepping pada sequencer.


MODDING DAN TWEEKING

Karena karakter suara yang dijhasilkan kami belum merasakan kesempurnaan, akhirya melewati beberapa proses melihat kembali rangkaianya kamiu melakukan beberapa modding ringan pada beberapa karakter suara (belum semua)

SYNTH DRUM

Synth drum merupakan salah satu karakter suara yang banyak mendapat modifikasi, seperti modifikasi sweep, dan modifikasi di wilayah pitch. Proses ini membuat mudul dasar dari mesin perkusi ini mengalami removing serta penambahan komponen.

CONGA

Conga mendapat jenis modifikasi paling banyak : Seperti pitch,sweep, decay dan dapat di kombinasikan dengan external LFO (hanya positif) sehingga memiliki karakter suara coga yang termodulasi sesuai kerapatan tegangan yang di lemparkan.

SNARE

Suara snare merupan suara paling "buruk" yang dihasilan oleh modul ini, sehingga kami melakukan modifikasi dengan menambahan karakter decay. Walaupin sudah ditambahkan masih muncul bug dari karakter snare, seperti suara clich dari oscillator yamng masih muncul. Stelah kami amati memang ada ketidak sempurnaan pada modul snare ini, seperti penggunaan transistor noise dan cutter-nya hanya tunggal sehingga pemotongan dan hasil noise-nya tidal sempurna.


Mesin ini masih terus mendapatkan perhatian dari kami untuk terus kami kembangkan menjadi lebih baik.

@KRP 2012 (FOTO YANG LAIN BISA DILIHAT DI FACEBOOK)

Tidak ada komentar: