KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

THEREMIN : GHOST INSTRUMENT


 Leon Theremin on theremin circa 1920s

Theremin menjadi salah satu bentuk alat musik atau modul noise yang cukup unik dalam pengoperasiannya, karean tanpa menggunakan body contact untuk memainkanya.

Theremin menjadi sangat tenar setelah Lev Sergeivich Termen (yang dikenal juga sebagai Leon Theremin) menemukan alat ini pada bulan Oktober 1920 sesaat setelah pecahnya perang sipil Rusia. 

Setelah memperoleh tanggapan yang positif dalam Konferensi Elektronik Moskow, Theremin diperagakan di hadapan Bolshevik, pemimpin Vladimir Lenin. Kemudian, Lenin terkesan dengan perangkat tersebut dan kemudian mulai mempelajarinya.

Semenjak saat tahun 1920-an setelah semenjak Leon theremin menciptakan alat ini di populerkan di Eropa, alat ini makin terkenal. Theremin kemudia di produksi secara massa oleh RCA Victor pada tahun 1929. Secara dasar alat ini memiliki 2 control Antena yaitu Antena vertical yang berfungsi sebagai pengendali pitch dan sebuah antena horizontal yang berfungsi sebagi pengendali volume.

 Logika dari theremin juga di aplikasikan dalam sebuah alat yang di sebut Ondes Martenot, yang di ciptakan oleh Maurice Martenot pada tahun 1929. Salah satu musisi populer yang menggunakan alat ini adalah Johnny Greenwood dari Radiohead. Pada perkembangan selanjutnya Robert MOOG juga menjadi salah satu orang penting yang mengembangkan theremin sebagi alat musik.

 
Maurice Martenot circa 1929

Logika memainkan theremin yang tanpa unik tanpa "menyentuh" instrument ini,  akhirnya membuat banyak para hobbiest electronic hingga musisi melakukan ekesperimentasi menciptakan instrumen ala theremin.

Salah satu ekperimentasi paling populer dari thremein adalah penggunaan LDR atau Light Depend Resistor, yaitu sebuah komponen elektronik yang merupakan variable resistor yang bkerja dengan trigger berupa cahaya.

  


Tidak ada komentar: