KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

BUILDING REPORT : 8 BIT OSCILLOSCOPE



Oscilloscope adalah salah satu instrument yang cukup penting dan berguna sebagai checker signal dalam berbagai instrument elektronik. Begitu juga dalam membangun sebuah synthesizer, oscilloscope juga menjadi instrument yang sebisa mungkin ada (tapi kembali kepada ekonomi).

Perkembangan software dan hardware subtitutif yang ada membuat seseorang yang membutuhkan alat pengechek signal tidak harus memiliki oscilloscope standart yang memang harganya cukup mahal. Walaupun secara hasil keakuratan oscilloscope tidak bisa di gantikan.

KRPscope prototype @2014
Forrest M . Mimms dalam bukunya pernah menerangkan bagaimana membuat DIY Oscilloscope, menggunakn matrix LED. Lengkap dengan skema dan cara kerja-nya. Oscilloscope sederhana ini lebih menjadi sebuah tester sederhana dan tidak dapat menggantikan fungsi oscilloscope itu sendiri.

KRP tertarik untuk membuat sendiri oscilloscope sederhana ini. Lewat sebuah korespondesi elektronik, dengan seorang DIY maker dari Perancis bernama Bennoit (www.benoit-bender.com) kami di berikan sebuah skema dan metode kerjanya, alat yang dia buat ini di bernama RAZMASCOPE.

Skema yang di shared oleh teman kami ini kemudian kami ujicoba untuk kami ciptakan board-nya. Dalam test yang dilakukan ada beberapa pola skema yang tidak dapat berjalan secara normal. Kemudian dilakukan komparasi antara skema yang di buat oleh Forrest M Mimms, untuk membuat revisi. Dari hasil komparasi ini akhirnya dilakukan beberapa modding para KRPscope.

revisi dan jumpering

Otak dasar dari modul ini adalah IC yang biasa di gunakan dalam BARGRAPH LED Audio Indicator, yaitu LM 3914 yang akan men-driving baris vertikal dan IC 4017 yang akan men-driving kolom horizontal. Kontrol yang terdapat di dalam modul ini antara Anttenuator Input, Vertical control Horizontal control, line/graph mode, dan juga rate waveform.

LM3914

Karena menggunakan sistem yang sangat sederhana, oscilloscope ini memiliki sangat banyak kelemahan. Kelemahan utama adalah frequncy tracking yang sangat terbatas (dalam uji coba : antara 10Hz – 200Hz), setting yang cukup runit terutama jika inputnya adalah signal analog (voltage).

Tetapi tetap memiliki kelebihan, yaitu portable karens memiliki ukuran yang kecil (tergantung pada design board dari maker-nya), bisa di fungsikan sebagai artistic device, karena jika kita berhasil melakukan setting akna di peroleh grafik signla yang cukup bagus.


Selamat membangun...!!!!!
Silakan email ke : kenalirangkaipakai@gmail.com |facebook : Kenalirangkai pakai| 
untuk interaksi membangun KRPscope.


Tidak ada komentar: