KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

BUILDING REPORT : PUNKASILA INSTRUMENT

Akhir tahun 2013, KRP mendapat kesempatan untuk berkerjasama bersama PUNKASILA, untuk memuwjudkan sebuah project istrument yang akan mereka pergunakan dalam show mereka THE LEPIDOPTERS : A SCIENE FICTION OPERA


Instrument yang ingin di hadirkan Punkasila cukup unik, terinsiprasi dari karya karya seniman Amerika Robert Smithson.Beberapa instrument yang dihadirkan bentukini antara lain 2 buat gitar (salahs atunya dengan double neck) dan 1 buah bass bass gitar serta seperangkat drum synth (lengkap dengan drumpad-nya). Dalam proses-nya Lintang KRP bekerja bersama Prast (guitar building) dan Agung YE (drum sculture).


On Stage
Body building
Revisi setelah show di MOFO dan persiapan menuju show ke 2
LED SEQUENCE on BASS GUITAR

Pada ketiga instrument ini (2 gitar dan 1 bass) di letakkan sebuah LED System yang akan bereaksi sistem sequence-nya jika  terkena trigger dari external audio, diaman trigger itu berupa audio dari gitar atau bass itu sendiri. Berbasisi pada sequencer sederhana 4017 dan driving/ tracking signal audio menggunakan 2 op amp sebagai tracker-nya. Kecepatan sequence-nya akan bekerja sesuai dengan velocity audio yang dihasilkan. Pola sequencer pada 2 gitar adalah 1-3-5-2-4-8 dan pada bass gitar adalah 1+3 - 2+4 - 5+6 - 8


Moki drum synth

Alat lain yang juga di bangun di dalam project ini adalah DRUM SYNTH. Terinspirasi pada salah satu instrument yang digunakan oleh JOY DIVISION pada salah satu track-nya yang menggunakan layer DRUM SYNTH. Drum synth ini mengunakan sistem analog synthesizer, yang terdiri atas 1x LFO, 1xVCO, 1xCOLOUR NOISE, 1xVCA, dan 1xENVELOPE FOLLOWER + DECAY CONTROL. Dengan menggunakan drum pad yang menggunakan PIEZZO SENSOR, yang ketika dipukul akan mengirimkan signal voltage yang kemudian di tracking dan diolah oleh Envelope Follower. 


MODUL DRUM
Drum modul yang dibagun ini terdiri  atas 4 line drum module, yang dapat dikendalikan secara individual pada masing masing line. Sehingga masing line drum modul dapat diseting untuk menghasilkan suara yang berbeda beda. Beberapas uara yang dapat dihasilkan anatara lain : KICK DRUM, SNARE, TOM. FLOOR, dan berbagai jenis suara syntetic. Seacara hasil saura memang sangat sulit untuk memeperoleh beberapa suara drum kit akustik seperti SNARE, dan KICK. Untuk memeperoleh juga suara yang lebih FAT modul ini dikoneksikan pada sebuah mixer.


Tidak ada komentar: