KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

BUILDING REPORT : SIMPLE VC-LPF (VOLTAGE CONTROL LOW PASS FILTER)



KRP CV-LPF
Woooooou..... waoooooo.... wouuuuwww........satu karakter bunyi yang tentu dapat kita wujudkan dengan mulut. Dengan mengubah ubah bentuk bibir dan rongga mulut kontur bunyi seupa dapat dihasilkan. Atau secara bentuk lain, jika kita pernah mengenal bentuk salah satu FX gitar yaitu Wah wah, juga memiliki bentuk yang serupa.

Lalu dalam synthesizer, bagaimana kita bisa mewujudkan...? Jawabanya adalah pada satu modul yang kita kenal sebagai FILTER . Filter secara mudah dapat kite temui seperti equalizer pada perangakat audio. Cobalah anda mainkan struktur kontrol ekualizer, pada tiap sepertiga bagian secara ekstrem, secara kasar anda akan dapat memperoleh karakter filter.

Ada banyak sekali model filter, dari Low Pass Filter, Band Pass Filter, High Pass Filter, Band Stop Pass Filter, Notch Filter dan lain sebagainya. Tiap tiap jenis filter tentu saja memiliki keunikan bentuknya masing masing, dan mampu memperkaya karakter bunyi.
KRP CV-LCF
Dalam ekperiment kali ini KRP membuat sebuah simple Low Pass Filter (LPF) yang memiliki akses Control Voltage (CV)  untuk mengatur pemotongan frequency-nya. Dalam prototype ini terdapat beberapa kontrol yang di bagi dalam 2 section.  Section 1 (LPF), terdiri atas kontol : Resonance, Cut Off, dan Correcting Cut Off (COF), dan section 2 (LFO), terdiri atas kontrol : Rate LFO, Waveshape (Triangle, Saw, Ramp) dan satu kontrol Depth Modulation.

Skema dasar dari prototype ini mengacu kepada beberapa jenis type filter sederhana, seperti WSG MFOS, QD Filter, Leploop, dan RC Filter.  Sedang aplikasi pada LFO-nya mengacu pada skema dasar LFO 3 waveshape pada morphing OSC, dan juga beberapa skema Op Amp LFO.  Salah satu yang menarik dari filter ini adalah sistem bagaimana CV dari LFO menginjeksi Filter agar mampu membuat kontur sesuai dengan pola waveform-nya.

Secara teori filte rini tidak memiliki bagian modul yang langsung menerima injeksi CV, sehingga harus di buat sebuah metode bagaimana CV dapat mengakses pola cutoff pada filter. Banyak forum mengebutkan seri trasistor JFET 2n5457 ataupun J201 2SK30 sebagai transistor pengendalinya. Tetapi dalam prakteknya kami mendapat kesulitan dan mendapatkanya, salah satunya dalah kaream transitor utama-nya yaitu 2n5457 sudah tidak di produksi, semula dilakukan subtituysi dengan family transistor-nya yaitu menggunkana 2n5459 dan 2n5459 tetapi sekali lagi responya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Proses wiring dan correcting PCB

Secara logika kami mencoba mencari subtitusi logika (bukan komponen) untuk bisa menggantikan kinerja 2n5457, temuan kami selanjutnya mumcul ketika kami membaca skema dasar sistem modulasi pada beberapa efek seperti echobase dan echo cosmo, dimana untuk menghasilkan karakter tertentu modulasi dilakukan pada Delay time-nya dan menggunakan Transisitor BC560 sebagai akses modulator-nya. Experimenpun kami lakukan dengan menggunakan transisitor BC560 untuk mendriving modulasinya dan hasilnya : BERHASIL. Walaupun secara hasil tidak sehalus jika menggunkan 2n5457. Berikut sample video-nya :
 

VC-LPF + LFO (3 WAVESHAPE) vs KRP BLACKKK MODULAR


 SELAMAT BEREKSPERIMENT

Tidak ada komentar: