KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

COLOUR NOISE

Saat siaran radio habis, televisi habis anda pasti mendengar suara ".....zzzzzzzzzzzzzzzzzzz..." ya itulah noise. Dalam hal tertentu seperti kejernihan suara, noise adalah material suara yang justru di hindari, tetapi dalam fungsi tertentu (seperti processing signal) noise adalah material bunyi/ frekuensi yang justru di cari (diciptakan).

Sekarang kita memulai mengenal apakah Noise, noise adalah kumpulan signal random. Jika kita memperhatikan secara seksama spektrumnya, didalmnya terdapat berbagai jenis signal yang bercampur. Noise dalam proses-nya memiliki berbagi jenis bentuk, atau varian, berdasar pada Power Spectrum atau Spectral Density-nya.

Melalaui proses yang disebut Stochastic Process dapat diperoleh berbagai varian dari noise, atau yang bisa di sebut sebagai Colour of Noise. Beberapa jenis colour noise antara lain : 

WHITE NOISE 



White noise adalah salah satu varian dari color noise. Memiliki ciri khas spectral density/ power spectrum yang konstant. Demikian juga secara spectrum analyzer yang KRP lakukan (melalui metode Graussian) frequency dari 100hz - 16Khz spektrumnya cenderung konstant.

PINK NOISE



Memiliki ciri secara power spektrum di bandingkan dengan white noise, akan mengalami pengurangan sebesar 3dB per octave. Secara auditif, pink noise dibanding white noise, memiliki karakter frequency yg telah terfilter (dalam percobaan yang KRP lakukan, melalui proses LPF)
BROWN NOISE

Juga biasa disebut sebagai Red Noise, memiliki ciri secara power spektrum di bandingkan dengan white noise, akan mengalami pengurangan sebesar 6dB per octave.
BLUE NOISE


Blue noise juga disebut sebagai Azure Noise. Mengalami peningkatan 3bB (dengan proporsi 1/f)
VIOLET NOISE


Violet Noise juag disebut sebgai purple noise. Mengalami peningkatan frequency sebesar 6dB.
GREY NOISE
Salah satu colour noise dengan struktur spektrum kurva. 

Sebagai aplikasi experiment syntensis "noise", KRP membuat sebuah experiment dengan membuat module NOISE GEN. Module yang di buat oleh KRP ini hanya menerapkan 2 jenis noise yaitu : White Noise dan Pink Noise.


Goal dari ekperiment ini adalah membuat modul NOISE GENERATOR dengan daya rendah (9VDC/500mA), dengan menggunakan komponen dasar sebagi pembentuk white noise yaitu transistor jenis NPN (2N3904, BC109). Dengan transistor jenis ini dapat dibuat RAW NOISE, yag kemudian di filtrasi secara sederhana untuk mendapatkan frequency yang lebih kontant untuk menghasilkan White NOISE.

analizer menggunakan metode graussian
Setelah proses pada synthesis WHITE NOISE berhasil dilakukan, selanjutnya dilakukan proses synthesis PINK NOISE. Pada pembuatan modul ini digunakan sitem filtrasi (LPF) beberapa lapis, dan kemudian di akhir proses filter berlapis ini hasil yang sudah berupa PINK NOISE di buffer menggunakan transistor NPN.

analizer menggunakan metode graussian
Dua modul yang sudah jadi ini masih memiliki kelemahan, yaitu sisi audio yang masih terlalu lemah, untuk membuffer, hasil akhirnya dilakukan amplifikasi menggunakan LM386, sehingga mengalami peningkatan sebesar 200x dari basic audio-nya.

VIDEO SAMPLE

 FINAL RESULT
 


Jika ingin mendapatkan modul NOISE GENERATOR portable silakan berkontak dengan  
KENALI|RANGKAI|PAKAI

Tidak ada komentar: