KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

BUIDING REPORT : MATH SYNT aka LUNNETA SYNTH

 

CMOS (complementary metal oxide semiconductor) synth atau LUNNETA SYNTH adalah salah satu varian dari pengembangan teknik synthesis bunyi. Secara konsep, Lunneta bukan di buat sebagai instrument musik baku, seperti synth jenis tertentu, tetapi lebih sebagai playfull synth.

Dalam experiment ini, KRP mencoba membangun LUNNETA SYNTH dengan menenrapkan beberapa modul dalam device ini. Modul modul yang di bangund alam device ini antara lain :
  • 4xLFO
Modul ini  menggunkan IC 40106 (Hex Schmitt Trigger) sebagai otaknya. 40106 sendiri merupakan IC dengan 6 OSC didalam chip-nya. Dalam modul ini hanya di gunakan 4 OSC saja. Masing masing OSC memiliki selector rate (high and low) serta individual rate control. Output (square wave) dan sebuah input yang bisa menerima external Control Voltage. Sehingga tiap OSC juga dapat berfunsi sebagai Voltage Control LFO.
  • 4xSTEP SEQUENCER
Sequencer yang di bangun dalam modul ini memiliki 2 mode, yaitu CV SEQUENCER dan GATE SEQUENCER. Menggunakan IC 4017 (Johnson Counter)  sebagai otaknya. IC 4017 sendiri dapat di maksimalkan hingga 10 steps. Untuk clock-nya dapat diambil dari LFO ataupun dari divider.

  • DIVIDER
Divider, merupkan modul pembagi signal. Pada modul ini di gunakan IC 4024 (7-stage binary ripple counter), yang memiliki 7output dividing, yaitu /2, /4, /8, /16, /32, /64, /128 . Tetapi dalam modul di device ini hanya di gunakan 6 devide. Modul ini menerima input berupa clock/ square wave. Setelah signal masuk speed/rate dari signla akan di split sesuai faktor pembaginya. Hasilnya dapat di terapkan sebagai clock sequencer, ataupun CV.
  • VCO
VCO atau Voltage Control Oscillator yang di bangun menggunakan IC 4046 ( Micropower Phase-locked Loop) sebagi otaknya. Modul ini memiliki control berupa pitch control dan skew control. Dengan output dasar berupa square wave, tetapi dalam beberapa modifikasi bisa di peroleh mod output dari beberapa pin-nya dan bisa di modding untuk memoeroleh variasi bunyi. Pad amodul ini dilakukan beberap modding output di beberap pin-nya.
 
  • ENVELOPE FOLLOWER
EF merupakans alah satu modul yang sebenarnya cukup populer, secara mudah bisa kita temui pada fx gitar seperti wah wah. Modul ini secara dasar bekerja mengubah signal input menjadi control. metode-nya adalah men-tracking signal dan di fungsikan sebagai CV yaitu Envelope sederhana. PAda modul ini KRP menggunakan IC 4049 (Hex Inverting Buffer), menggunakan beberapa inverting buffer didalanya untuk mengubah external signak sebagai envelope. Output dari modul ini adalah Gate dan CV.
  • 4xDC MIXER
Modul terakhir yanga da didalam alat ini adalahs ebuah simple mixer dengan 4 input dan 1 output. Modul ini adalh satu satunya modul dalam device ini yang tidak menggunakan IC CMOS sebagi otaknya. Dalam kasus alat ini, digunakan IC IC Op Amp standart (TL072) sebagai otaknya. Op Amp 1 digunakan sebagai mixing section dan Op Amp kedua di gunakan sebagai buffer signal dari output mixing.
 

Sistem koneksi antar modul yang digunakan di alat ini adalah sistem cable patch modular, dengan menggunakan banana jack dan banana bus sebagi sistem komunikasinya. Alat ini sepenuhnya dikendalikan dengan pemahaman logic modular, matematika dan imajinasi :p

Selamat bermain......
Ingin membangun modul ini silakan mengkontak KENALI|RANGKAI|PAKAI







Tidak ada komentar: