KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

EVERYONE LIKES DRONE...!!!!

Drone menjadi salah satu varian synth yang cukup menarik perhatian. Secara audio/ suara drone menghasilkan karakter bunyi yang cukup monoton tetapi memiliki intensitas yang cukup kuat. Drone secara dasar adalah susunan beberapa modul osilator (pada umumnya adalah modul OSC square/ pulse) yang kemudian saling di singkronikasi pada wilayah pitch-nya (tune) untuk menghasilkan karakter bunyi serupa "dengung".

  

Pada perkembanganya karakter dasar dari drone mengalami banyak experimentasi untuk menghasilkan bunyi yang lebih variatif atau ber-teksture. Beberapa Drone Synth yang cukup populer dikalangan musisi eksperimental antara lain : DRONELABS dari CASPERELECTRONIC.COM yang merupakan karya dari seniman bunyi Peter Edward. Atau drone lain yang cukup populer adalah NOVADRONE yang juga merupakan karya dari Peter Edward yang berkolborasi dengan G. Lucas Crane (NONHORSE) dan juga support dari Perte De Signal (http://casperelectronics.com/finished-pieces/nova-drone/).


Salah satu yang menarik dari NOVADRONE ataupun DRONELABS adalah peletakan modul tambahan didalam drone synth tersebut, sehingga memiliki karakter yang lebih kaya bunyi dan teksture. Penambahan itu salah satunya dengan menambahkan modul VCA sederhana, yang mennggunakan clock yang di dividing di tiap channel, sehingga dapat membuat singkronisasi clock di tiap channel-nya. Salah satu modifikasi tambahan lain yang cukup menarika dalah dengan pemberian Filter (Low Pass Filter, 2x High Pass Filter) dan juga Distorsi (Fuzz/Overdrive).

Kenali|Rangkai|Pakai juga mendapat banyak tantangan baru untuk membuat modifikasi dari drone synth. Mengembangkan drone synth yang lebih dulu ada, salah satu modifikasi yang KRP lakukan adalah dengan memasukan VC-LPF yang dapat di generate oleh Control Voltage. Menggunakan pengembangan filter yang kami peroleh dari MFOS dan di generate control voltage-nya oleh LFO sederhana 3 waveshape (saw/tri/ramp).

  
  
Tidak berhenti disitu, KRP juga mencoba membuat sistem modifikasi yang cukup "rumit" yaitu memasukkan filter dan eko (Dual line delay echo). Dimana masing masing mendapat control dari LFO dari unit yang berbeda. Sehingga menghasilkann karakter drone yang lebih "meruang".

 
 
 

Secara teknik pembangunan, drone dapat dibuat sendiri dengan metode yang cukup sederhana, menggunakan IC CMOS 40106 yang sudah terdiri atas 6 unit OSC ditiap chip-nya. Atau dapat juga digunakan IC 555 ataupun CMOS 4093 Nand Gate. 

Tetapi karena tidak ada pattern dasar berapa unit OSC dalam tiap drone synth, sehingga anda dapat membuat berapapun unit OSC dalam tiap drone. Berikut beberapa referensi skema yang dapat digunakan untuk membangun sebuat drone synth.

---------------------------------------------------------------------------------------------
http://hackingbynight.files.wordpress.com/2011/07/schematic-drone-synth-by-9volts_screen-size.png
http://i178.photobucket.com/albums/w271/moosetwentythree/detunebassdrone.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-vplVMqYf83c/UQlBT9TfX0I/AAAAAAAAALI/5HVfW_F6wQM/s1600/808+drone+rev.1.jpeg
http://casperelectronics.com/images/finishedpieces/droner/V2/DroneSchematic.jpg
---------------------------------------------------------------------------------------------

OK . Selamat membangun

Tidak ada komentar: