KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

ACAK BAUR : Perwujudan Chaos Theory dalam sebuah synthesizer



Project ini bermuka atas ketertarikan saya atas beberapa theory dalam ilmu eksak dan non eksak. Apakah mungkin di aplikasikan dalam sebuah system synthesizer. Salah satu teori yang sangat menarik dan punya potensi untuk diwujudkan menjadi sebuah system sythesizer adalah Chaos Theory.

"..... irregular motion of a dynamical system that is deterministic, sensitive to initial conditions, and impossible to predict in the long term with anything less than an infinite and perfect representation of analog values...." (Flake)


Chaos adalah system yang sangat berubah rubah atau dinamis, dan sangat sensitif dari nilai awalannya dan mustahil untuk di prediksi hasil atau kemungkinan selanjutnya. Teori yang menurut saya cukup menarik untuk bisa diwujudkan menjadi sebuah synth. Hal menarik lainya karena saya hidup di tempat (Indonesia) yang selalu memiliki potensi chaos. Chaos karena listrik yang tidak stabil, dan chaos karena susah mendapatkan komponen yang bagus. Bagaimana jika semua bentuk chaos ini di wujudkan dalam sebuah synth ? 
PROTOTYPE ACAK BAUR
ACAK BAUR bermakna “acak” artinya tidak teratur dan “baur” berarti bersatu/bergabung , acak baur adalah kesatuan atau gabungan dari kekacauan. Segala potensi chaos dalam kerja saya (listrik buruk dan komponen jelek) di pertemukan dalam synth ini.

LOGIKA DAN URUTAN MODULES :
  •  Step Tone Generator
Step Tone Generator adalah modul 2 osillator, dimana osilator 1 mentrigger oscillator ke 2, dan kemudian signal dari oscillator ke 1 di bagi oleh osilator ke 2. Sehingga mendapatkan data voltage yang saling bersilangan.
  • Clock Divider
Clock Divider adalah modul pembagi clock. Clock divide dari module ini terbagai dalam beberapa output. Keseluruhan modulanya adalah faktor dari 8 ( 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, dst). Dari dari Step Tone Gen
  • VCO ( VOLTAGE CONTROL OSCILLATOR)
VCO adalah modul oscillator yang secara mudah mudah sebagi basic penghasil suara/bunyi. Bekerja setelah mendapat  voltage dari modul lainya, dimana modul yang bekerja sebagai pemberi voltage (voltage control) adalah Clock Divider. Modul VCO dalam Acak Baur memiliki 3 control : Pitch, Skew control dan Range pitch. Proses modifikasi di lakukan pada control ke 3 yaitu Range Pitch, dimana yang seharusnya menggunakan switch di gantikan oleh potensiometer. Efeknya dalah perubahan yang dibaca tidak konstant oleh IC VCO.
Acak Baur sendiri adalah mini modular dengan koneksi antar modul menggunakan kabel breadboard/project board. Modul ini saling bekerja bolak balik, artinya sebagai clock master, Step Tone Generator sebagai basic LFO dapat di kendalikan oleh VCO dan juga dapat dikendalikan oleh Clock Divider ataupun oleh modul LFO itu sendiri.  

Goal secara bunyi dari Acak Baur adalah glitching, repeat dan juga data intervention. Acak Baur secara dasar adalah hybrid synth, dimana menggabungkan analog IC dari modul LFO dan digital CMOS IC di modul clock divider dan VCO.

Tidak ada komentar: