KENALI|RANGKAI|PAKAI [KRP] merupakan project personal dari Lintang Radittya. KRP berkonsentrasi pada seni bunyi, instalasi bunyi, seni kinetik dan seni elektronika. Blog ini beisi informasi tentang project yang sedang digagas, dan sedang di jalankan.

Translate

ENDANGERED NOISE : Replikasi mekanis dan men-synth-kan Mainan Tradisional

Project yang saat ini masih berjalan ini adalah project kolaborasi saya bersama dengan istri saya (Y Dyah Nugrahini). Proyek yang bertunjuan mendokumetasikan, mengumpulkan dan mereplika kerja mainan mainan tradisional  di Jawa yang memiliki potensi  sonifikasi. Hingga saat ini sudah kurang lebih (baru) 7 permainan/mainan yang kami kumpulkan, antara lain :
  • Othok othok
  • Uthuk Uthuk
  • Rebana Gerabah
  • Gangsing
  • Saron mainan
  • Kitiran Gareng Petruk

KARAKTER PERMAINAN/MAINAN
Secara karakter, hampir keseluruhan dari mainan yang ada memiliki potensi sonifikasi yaitu noise, atau bebunyian yang rata rata kurang terstruktur, monoton dan kasar (harsh). Dari potensi yang dimiliki tiap tiap mainan ini kami melakukan proses replikasi cara bermain dan membuat potensi komposisi yang bisa di buat oleh mainan mainan ini.
  • AUTHOK AUTHOK
Dasar dari permainan ini adalah mainan Othok Othok, dinamai othok othok sesuai dengan bunyi yang dihasilkan. Secara dasar othok othok adalah permainan perkusif, dimana bunyinya dihasilkan dari pukulan stik kecil di kepala othok otok. Yang tepukul secara otomatis karena danya gear kecil. 


Proses replikasi yang dilakukan pada alat ini adalah dengan pemberian modul trigger yang terdiri dari motor DC, yang dikendalikan dengan relay swithcing yang aktif setelah mendapat CV/trigger. Dengan control master menggunakan gate/trigger sequencer akan di peroleh pola ketukan yang lebih terstruktur/ tidak monoton.
  •  DYNARON

Modul ini tercipta dari Saron mainan. Repilkasi cara memainkannya di lakukan dengan mengimplan DC motor (dinamo) secara horizontal di atas saron. Ketika motor DC diatas saron mendapat trigger yag mengaktigkan switching relay, maka pemukulnya akan bergerak centrifugal memukul bilah saron nya. Kemudian tinggal menggeser posisi pemukul centrifugalnya kebilah mana yang ingin berbunyi.

  • GANGSYNTH
Gangsynth adalah replikasi dan modifikasi cara bermain serta suara pada gangsing. Secara dasar gangsing ketika berputar hanya menghasilkan suara berdenging seperti layaknya oscillasi berfrekuensi tinggi. Tapi pada tahap selanjutnya dilakukan implant synth pada body gangsing, sehingga menghasilkan bunyi yang lebih variatif, tidak sekedar denging. Pada tahap awal proses ekperimentasi pertama dilakukan saat saya mengikuti program IBP3 (Intrument Builder Project) di National Gallery of Victoria (NGV) Australia. 


Proses eksperimentasi dan pemasangan synth yang saya lakukan selama masa residensi pada dasarnya mengalami kegagalan. Kegagalan ini terjadi lebih kepada belum ditemukan formula synth dan power yang bisa dipasang tanpa mempengaruhi keseimbangan gangsing. 

Dimana inti putaran dari gangsing adalah keseimbangan/balancing. Alih alih dari kegagalan tahap awal Gangsynth ini terciptalah karya berjudul Spinning Field, dimana saya menggabungkan sebua material berputar dan medan elektromagnetic yang mampu menghasilkan bunyi.

Hingga saat ini project ENDANGERED NOISE masih terus saya jalankan bersama istri saya. Pada bulan Mei 2016, pada salah satu presentasi tertutup untuk Festival Europalia, prototype awal dari project ini coba saya presentasikan. Pada tahun ini pula kurator Wok The Rock mengusulkan nama lain untuk karya ini menjadi "Invisible Noise"

Tidak ada komentar: